KPMD Teknis PNPM-MP 2012 Dilatih

SIPIROK-Sebanyak dua orang per-desa dan per kelurahan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Tekhnis pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) 2012 Kecamatan Sipirok, Tapsel Jumat (16/12) hingga Kamis (23/12) dilatih di Tor Sibohi Nauli Hotel Sipirok.

Fasilitator Tekhnik (FT) Kecamatan Sipirok, Rustam Harahap ST kepada METRO Minggu (18/12) mengatakan, tujuan pelatihan adalah memberikan pemahaman sekaligus persiapan kader desa untuk memiliki kemampuan teknis kerja, sehingga dapat menjembatani kesulitan di desa dan sekaligus memiliki kemandirian dibidang itu.

“Tujuan kegiatan ini jelas melatih para kader di bidang teknis agar mereka mengetahui dan kedepan dapat menjembatani kebutuhan teknis di desa bahkan membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dari berbagai kegiatan pembangunan sarana-prasana di desa,” katanya. Di samping itu, kegiatan ini juga sebagai tahap pengenalan pola kerja kader tekhnis dilapangan.

“Kegiatan ini akan berlangsung 7 hari, dimana 5 hari pelatihan di ruangan dan 2 hari ke lapangan, yang bermaksud membentuk karakter teknis yang sesungguhnya di desa dalam mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan PNPM,” sebutnya.

Hadir dalam pelatihan tersebut, PJOK Kecamatan Sipirok, FT, FK, BKAD, BPUPK, dan turut memberikan pelatuhan Tim Pelatih Masyarakat (TPM) yang baru dibentuk oleh Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Kabupaten Tapsel. Disamping itu Fasilitator Teknik Kabupaten Tapsel, Samsono akan memberikan sesi latihan pada Kader tersebut.

“ Pelatihan KPMD Taknis ini merupakan lanjutan dari pelatihan KPMD beberapa hari yang lalu,” ucap Ketua BKAD Sipirok, Lauddin Siregar. (ran/mer)

Sumber : http://www.metrosiantar.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s