Alokasi PNPM 2012 Aceh Utara Rp 71,5 Miliar

MedanBisnis – Lhokseumawe. Aceh Utara akan mendapat kucuran dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) tahun anggaran 2012 sebesar Rp 71,5 miliar. Dana sebesar itu untuk menunjang program pembangunan desa yang selama ini kucuran dananya dari APBD masih terbatas.

“Kendati otonomi desa belum terwujud secara maksimal akibat masih terbentur RUU desa yang belum disahkan, namun program pembangunan desa akan tetap diupayakan mendapatkan kucuran dana, salah satunya dari program PNPM. Di tahun anggaran 2012 Aceh Utara akan mendapat alokasi dana sebesar Rp 71,5 miliar,” ujar Pj Bupati Aceh Utara, Drs HM Ali Basyah, kepada MedanBisnis, Jumat (11/11) di Lhokseumawe.

Diakuinya, jika dihitung dari jumlah desa di Aceh Utara sebanyak 857 desa, angka tersebut masih tergolong kecil. Namun paling tidak untuk pembangunan desa yang sifatnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bisa dilakukan.

“Infrastruktur sudah banyak ter-cover dari program APBD, sehingga dana yang bersumber dari PNPM bisa meng-cover infrastruktur yang kecil-kecil. Begitu juga terhadap kebutuhan simpan pinjam untuk perempuan, karena selama ini kegiatan ekonomi produktif di pedesaan masih banyak digeluti kaum perempuan, makanya kaum perempuan juga mendapat prioritas dalam program PNPM ini,” jelasnya.

Di samping itu, PNPM sudah cukup banyak membantu masyarakat desa. Oleh karena itu, dengan kucuran PNPM, masyarakat desa menjadi masyarakat produktif, terutama di kalangan perempuan.
“Tujuannya untuk mengubah hidup masyarakat yang selama ini statis menjadi masyarakat produktif yang bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan bernilai ekonomis,” ucapnya. (n sugito tassan)

Satu Balasan ke Alokasi PNPM 2012 Aceh Utara Rp 71,5 Miliar

  1. dahlawi berkata:

    hingga saat ini pemberdayaan masyarakat belum mnyenyuh kebutuhan yang sesial dari persoalan ekonomi rakyat,ada pembangunan fisik di desa yg sudah lumayan baik akan tetapi peningkatan taraf hidup masy. belum terkelola dgn baik, jadi tugas peme.belum menunjukan angka yg memuaskan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s