Cara Cepat Mengedit Template WordPress Twenty-Ten

Cara Cepat Mengedit Template WordPress Twenty-Ten

Malam minggu masih posting (hehehe), sambil dengar lagunya Mr.Big lebih baik berbagi sedikit ilmu soal oprek themes WordPress. Ya, ada banyak cara mudah untuk mengedit sebuah template untuk Blog kita. Nah, seperti kita ketahui bersama, template WordPress yang satu ini terlihat sangat biasa.

Kita bisa menyiasatinya dengan merubah sesuai kebutuhan, dimulai dari background, jenis font, border dan masih banyak lagi yang bisa di ubah (heheh, maaf bagi yang punya  themes ini :P ). Kembali ke topik, trik ini saya dapatkan setelah direkomendasikan teman saya Ady untuk menggunakan Firebug (add-ons firefox). Mungkin banyak dari anda yang sudah mengetahui cara ini, gak apalah saya ulangi lagi :) .

Pertama-tama download dan install dulu add-ons Firebug. Tools–>Add-ons–>Get Add-ons–>Search dengan kata kunci Firebug, setelah itu download dan install Firebug, kemudian restart Firefox anda.

firebugs

Perhatikan gambar di atas. Maaf kalau gambar panahnya amburadul :P . Jika Add-ons firebug sudah di aktifkan, akan muncul status seperti gambar di atas.Berikut penjelasan dari gambar di atas:

  • Tampilan HTML themes, ini menunjukkan kode html dari themes yang akan anda oprek.
  • Tampilan CSS themes, ini menunjukkan source code CSS themes. Kegunaannya kita bisa langsung melihat  dan mencari kodenya di editor themes di WordPress.
  • Status Bar Firebug, ini menunjukkan icon untuk mengaktifkan Firebug.

Hampir lupa, themes yang saya gunakan sebagi eksperimen adalah TwentyTen. Selamat bereksperimen ya. Kalau ada yang kurang silahkan berkomentar di bawah. :)

Satu Balasan ke Cara Cepat Mengedit Template WordPress Twenty-Ten

  1. sub14han berkata:

    Mas Munawir, untuk memasang yang sedang online di wordpress twenty ten gimana caranya (seperti yang di pojok kanan bawah itu) soalnya pakau whos amung gakl ada yang mau, Tks salam kenal. izin link blognya…sebab kita samasama twenty ten. Tks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s