TUTORIAL

Konsep Dasar Komputer

 

1.1. Definisi Komputer

Komputer, merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi manusia yang hidup di jaman modern seperti saat ini. Hampir setiap bidang pekerjaan manusia saat ini misalnya di kantor, di perusahaan,di sekolah, di rumah, dan dimana saja menggunakan komputer. Bahkan beberapa pekerjaan sangat tergantung sekali terhadap pemakaian teknologi komputer ini, misalnya perbankan modern yang menggunakan transaksi on-line, Industri atau pabrik modern yang mengontrol setiap proses produksi, kedokteran untuk mendiagnosa dan scanning penyakit pasien, penerbangan dan ruang angkasa untuk mengontrol pesawat, komunikasi data, dan lain sebagainya.

 

Banyak pendapat tentang definisi dari kata “kumputer”, yang nantinya berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan teknologi Informasi. Sebenarnya istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to compute atau reckon). Definisi lain misalnya “komputer” secara umum pernah dipergunakan untuk bermaksud orang memperkerjakan untuk melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin membantu.

Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata bagi “orang yang menghitung”, kemudian menjelang 1897 juga didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung. Dalam bahasa Perancis misalnya kata komputer, disebut sebagai istilah “ordinateur“, yang berarti kira-kira “organisator“, atau “memisahkan mesin”. Di Spanyol disebut ”ordenador“, dengan arti sama, walaupun di beberapa negara digunakan kata anglicism computadora. Dalam bahasa Itali, komputer ialah “calcolatore“, kalkulator, menekankannya computasional menggunakan di balik yang logis seperti penyortiran. Dalam bahasa Swedia, komputer dipanggil “dator” dari “data”, yang pada era tahun 1950-an, diberinama “matematikmaskin” (mesin matematika). Dalam Bahasa Cina, komputer dipanggil “dian now” atau suatu “otak listrik”. Dalam Bahasa Inggris modern berkembang menjadi istilah “mesin pengolahan data”.

Menurut Wikipedia, ensiklopedia bebas kata komputer dahulu berarti orang yang menghitung. Namun definisi pada saat ini berkembang, komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata ini semula dipergunakan untuk menggambarkan orang atas pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian digantikan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan pengolahan data.

Karena luasnya bidang ilmu komputer, para ahli dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer, namun pada dasarnya telah memiliki muara arti yang sama.

§ Oxford English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisaikan Komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeric atau logika.

§ Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” , komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

§ Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual”, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:

– menerima input

– memproses input tadi sesuai dengan programnya

– menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan

– menyediakan output dalam bentuk informasi.

§ Sedangan William M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The Computer, The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

§ Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori.

Dari beberapa pendapat tentang definisi komputer seperti diatas, maka yang disebut dengan komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk menghasilkan keluaran (output) berupa informasi. Maka perangkat utama untuk melakukan tindakan tersebut juga terdiri dari perangkat input (input devices), perangkat proses (process devices), dan perangkat keluarang (output devices), yang ditambah dengan perangkat penyimpanan data atau informasi (storage devices).

Incoming search terms:

  • konsep dasar komputer
  • artikel DASAR KOMPUTER
  • aritmatika komputer
  • perhitungan dasar komputer
  • Pengertian komputer secara bahasa dan istilah
  • artikel tentang operasi dasar komputer
  • konsep dasar aritmatika komputer
  • PENGERTIAN DASAR KOMPUTER
  • prinsip dasar aritmatika komputer
  • dasar komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s